Join The Community

Premium WordPress Themes

Tuesday, June 29, 2010

Pengertian Administrasi

Pada posting sebelumnya, saya telah menulis tentang "Pengertian Tata Usaha". Pada kesempatan kali ini saya ingin menulis tentang "Pengertian Administrasi".

Administrasi berasal dari bahasa latin, "ad" dan "ministrare". Ad berarti intensif, ministrare berarti melayani, membantu, dan memenuhi. Administrasi berarti melayani secara intensif (Husaini Usman, 2006).
Menurut Simon (1987), Administrasi adalah seni untk menyelesaikan sesuatu. Kegiatan administrasi ditekankan pada proses dan metode untuk menjamin suatu tindakan yang tepat.

Administrasi dapat dipandang sebagai proses dan dapat pula dipandang sebagai tugas atau kewajiban.
Administrasi sebagai proses = Administrasi dalam arti luas. Administrasi sebagai proses kegiatan meliputi: perencanaan(1), pengorganisasian(2), pengarahan/kepemimpinan(3) dan pengawasan/pengendalian(4). Keempat komponen tersebut merupakan suatu sistem yang terpadu, yakni antara satu dengan lainnya saling berkaitan secara utuh. Artinya, perencanaan harus diorganisasikan, diarahkan, dan diawasi. Pengorganisasian juga harus direncanakan, diarahkan, dan kemudian di kendalikan. Begitu pula pengendalianpu harus direncanakan, diorganisasikan dan diarahkan. Oleh karena itu Administrasi sekolah merpkan kegiatan penyediaan, pengaturan dan pendayagunaan segenap sumber daya untuk mencapai tujuan.

diambil dari: berbagi sumber
(dengan sedikit pengeditan)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts