Join The Community

Premium WordPress Themes

Thursday, June 9, 2011

Macam Tipe Kantor + Kelebihan dan Kekurangannya

Berikut ini ada beberapa contoh dari tipe-tipe kantor, beserta kelebihan dan kekurangan dari setiap tipe kantor.

A. Tipe Kantor berkamar (ruangan untuk bekerja yang dipisahkan atau dibagi dalam kamar-kamar kerja)
Kelebihan:
1. Konstentrasi kerja lebih baik.
2. Pekerjaan yang bersifat rahasia, dapat lebih terjamin.
3. Lebih terkesan kewibawaanya.
4. Kelengkapan alat-alat kantor lebih terjaga.
5. Tidak bising karena di ruangan tertutup.

Kekurangan:
1. Komunikasi antar pegawai kurang efektif dan terkesan individualis,
2. Biaya pengadaan ruangan relatif lebih besar karena ruangan perorangan,
3. Pengawasan jadi lebih sulit (kecuali jika ada cctv)

B. Tipe Kantor Terbuka (ruangan besar untuk bekerja yang ditempati oleh beberapa pegawai yang bekerja bersama-sama diruangan terebut)
 Kelebihan:
1. Komunikasi antar pegawai lebih efektif karena serting bertap muka,
2. Mempermudah dalam hal pengawasan,
3. Biaya relatif lebih sedikit karena tidak membutuhkan banyak ruangan serta dapat berbagi alat-alat kerja antara pegawai,
4. Ruangan jadi lebih luas dan tidak pengap,
5. Bisa menambah keakraban serta pegawai.
6. Kebersamaan dan kekompakan pegawai bisa lebih terlihat.

Kekurangan:
1. Risiko timbulnya kegaduahan atau kebisingan pegawai lebih besar sehingga sangat dimungkinkan sekali tingkat konsentrasi pegawai jadi berkurang.
2. Jika ada pekerjaan yang bersifat rahasia kurang bisa terjaga.

C. Tipe kantor berpanorama (ruangan kerja dengan pemandangan alam terbuka).
Kelebihan:
1. Kantor jadi terlihat lebih segar karena pemandangan yang hijau.
2. Kepengapan kantor bisa diminimalisir dengan suplai oksigen dari udara sekitar.
3. Jika terjadi sesuatu (misalnya kebakaran), akses keluar jadi lebih cepat.
4. Tidak membutuhkan lampu dengan pencahayaan yang tinggi, karena sudah terbantu dengan cahaya diluar ruangan.

Kekurangan:
1. Keadaan cuaca ikut mempengaruhi kinerja. Misalnya saat hujan yang disertai petir, otomatis dapat mengurangi tingkat konsentrasi pegawai.
2. Biaya perawatan juga bertambah, karena tidak hanya di dalam ruangan saja tetapi juga dil luar ruangan.
3. Konsentrasi juga bisa berkurang jika ada sesuatu di luar ruangan.
4. Tipe kantor seprti ini juga masih jarang yang menggunakannya.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts